Husss…Minjem apa Nyuri!


ayep2pac

ayep2pac

Sayyed Ep Bika ilaRobbi

Daftar Lengkap  klik ini

Memudahkan hal yang bersifat samar seperti menerka-nerka  keikhlasan seseorang adalah masalah besar yang lumrah diremehkan oleh kebanyakan orang sengaja di anggap biasa dan wajar, karenanya budaya ghosob (mengambil hak atau  barang  orang lain secara terang-terangan dan tanpa izin) bukan hal hal yang tabu. Sebaliknya masalah ini menjadi dilematis ketika sebagian orang sengaja mengambil barang orang lain dengan tanpa niatan untuk mengembalikannnya, toh umumnya jika seseorang meminjam barang kepada orang lain maka dia tidak akan mengembalikannnya atau pura-pura lupa, sampai  si empunya mengingatkan. Tanggung jawab peminjam sebenarnya lumayan berat, konsekwensinya jika barang tersebut hilang atau rusak maka peminjam wajib mengganti kekurangannya atau mengganti dengan yang baru. Baik rusak karena sengaja maupun kecelakaan. peminjam secara penuh bertanggung jawab atas barang tersebut. Sebaliknya penyewa hanya bertanggung jawab ketika merusaknya dengan sengaja. istilahnya yadud doman dan yadul amanah.

Dalam prakteknya istilah mencuri dan ghosab hanya berbeda dalam cara pengambilannya. Mencuri biasanya dilakukan secara diam-diam dan tidak dilihat orang sementara ghosob dilakukan dengan cara terang-terangan baik diketahui pemilik maupun tidak. Walaupun ada keterangan sebuah hadis yang menyatakan bolehnya seseorang untuk menggunakan barang orang lain tanpa izin ketika si peminjam/pemakai tahu bahwa sang pemilik pasti ikhlas atas apa yang telah dipinjaminya. Syarat ikhlas atau mengetahui keihkhlasan seseorang adalah syarat yang sangat sulit dipraktekkan, karena belum tentu orang yang wajahnya tersenyum ketika kita pinjam barangnya tanpa izin berarti tanda si pemilik ikhlas. Paling tidak ada sisi syubhat ( sesuatu yang belum jelas halal haramnya) yang telah kita lakukan dalam transaksi pinjam meminjam itu. Kecuali jika sebelumnya  sang pemilik melafadzkan kata-kata, silahkan atau tidak apa-apa, perizinan secara langsung dengan kata-kata seperti ini  akan memperjelas hukum halal atau haramnya  memakai barang milik mereka.

Dosa orang yang ghosob akan terus mengalir  selama barang yang di ghosobnya  belum d ikembalikan dan  meminta halalnya kepada  sang pemilik yang sah.  Selain itu,   ghosob  juga bisa menyebabkan amal ibadah  seseorang  menjadi nihil (sah tapi tidak berpahala), seperti ketika kita  menggunakan tempat orang lain untuk melakukan sholat misalnya.  Meskipun sholat ditempat ghosob dihukumi sah jika memang memenuhi syarat rukunnya tapi dalam masalah pahala dia  tetap tidak mendapatkannya karena efek dari dosa ghosob itu.

Dilihat dari sisi manapun budaya ghosob sangat hina dan memiliki banyak madharat, toh zaman telah berubah dan manusia sudah biasa mengambil hak milik orang lain secara terang-terangan. Bukankah hukum Indonesia melegalkan korupsi  secara berjamaah. Asalkan bapak senang!

Ditulis Kamis 20 01 1011. Tetanggaku, seorang  Imam Masjid curhat atas hilangnya sepasang sandal  di teras salah satu asrama pesantren dekat Masjid. Sabar ya pak.

 

hmmm…. ikuti tulisan lain dari Sayyed :

Kebiasaan Mencuri Hak

Para Perempuan Mulia Yang terlupakan

Rahasia Kehampaan Abadi :

Cinta Usah di Mengerti

Mengenangmu

Nimat Bercinta Denganmu

Rahasia Peci dan Kerudung

Alquran Mainan

9 Rahasia Tuhan

DaFtar Semua Coretan Sayyed EP bikailaRobbi

 

2 Comments (+add yours?)

  1. mamaezhar
    Mar 01, 2014 @ 01:42:22

    wahhh,,,,,ud membudaya rupanya kegiatan Ghosob ni y. hampir di semua lingkungan, bahkan di rumah pun bs terjadi Ghosob. Ud pake tnp ijin, dibikin kotor g dibersihin pula…..(maap curhat dikit, soalnya sebel bgd ma org yg sering Ghosob n g bertanggung jawab pula).

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون