Laki-laki Pemalu di Jaman Edan


Dont blame ur Comunity -google-co-id

Dont blame ur Comunity -google-co-id

Sisi lain yang membedakan laki-laki dan perempuan adalah adanya sifat percaya diri yang lebih, terbuka dan apa adanya dari pihak laki-laki. Sementara mayoritas perempuan (lazimnya) memiliki sifat tertutup dan pemalu. Kenyataannya mitos ini hampir sudah tidak berlaku lagi, seiring isu bias gender yang kerap dielu-elukan para penuntut label emansipasi yang secara sadar telah menyalahi kodratnya.

Sifat malu bersumber dari keimanan seseorang terhadap sang khaliq. Walaupun awalnya sifat ini sering muncul karena emoh, sungkan atau tidak enak dilihat manusia lainnya, tapi jika sesuatu yang menjadi objek sifat malu ini adalah tindakan yang menyalahi aturan sang khaliq (syareat) maka rasa malu yang seperti ini merupakan ‘langkah awal’ untuk menggapai puncak iman yang sesungguhnya : Sifat malu merupakan sebagian dari iman –Hadis.

Ungkapan Aisyah : Rasulullah lebih pemalu daripada perempuan yang dipingit dirumahnya. Jika difahami dengan konteks sekarang mungkin banyak yang akan menertawakan keanehan sang Rasul ini. Bagaimana mungkin seorang yang gagah berani disamakan dengan wanita pingitan yang dikurung keluarganya dan tidak boleh pergi keluar kecuali dengan sang muhrim. Sebaliknya, jika ucapan Aisyah tersebut difahami dengan hakikat dasar sifat malu yang sanggup menjadikan keimanan seseorang bertambah derajatnya, maka jelas sudah bahwa sang Rasul adalah sosok manusia yang paling memiliki sifat/rasa malu yang pernah ada dimuka bumi ini.

Harga diri adalah salah satu sebab dari timbulnya rasa malu yang kerap dijadikan dasar seseorang untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak memalukan dalam dunia sosialnya. Menjaga Muru’ah atau harga diri dalam sangat dianjurkan, karenanya orang yang sanggup menjaga harga dirinya di setiap situasi dan kondisinya maka ia telah keluar dari salah satu ciri pribadi yang fasik –pelaku dosa secara terang-terangan-. Begitu besarnya manfaat menjaga harga diri menurut pandangan agama, sampai-sampai dalam kajian fiqih menyatakan : salah satu penyebab uzur yang menjadikan seseorang boleh meninggalkan jamaah dan jum’at ( tetap harus sholat sendiri di rumahnya) adalah tidak adanya pakaian yang ‘pantas’ untuk berjamaah di Masjid. Bagaimana jika masyarakat tahu ada seorang Kiyai terpandang melaksanakan ibadah sholat Jum’at di daerahnya dengan tanpa memakai peci ??

Bilakah di jaman yang akrab dengan tag line : “mau eksis harus narsis” seperti sekarang ini kita menemukan laki-laki pemalu. Sifat malu mungkin hanya dimiliki oleh mereka yang tidak memiliki sifat percaya diri yang tinggi, pelaku kehidupan minder dan orang-orang yang diacuhkan oleh komunitasnya. Alkisah di akherat kelak, orang-orang yang suka mengumbar aibnya tanpa malu, jika kebetulan masuk surga, akan di tarik ke neraka karena kenarsisan-nya menceritakan aib-aib dirinya kepada orang lain. Temannya yang masih di neraka akan protes : ya Tuhan si fulan mengatakan sendiri bahwa waktu di dunia telah melakukan …bla bla bla bla… dengan bangganya, mengapa ia masuk sorga?
coretan lama (edisi Saudi):

Jambret Masjidil Harom
Sayyed Diusir Polisi Makkah

Lika Liku Jamaah Hajji Indonesia
Pengalaman Tidur Disamping Jasad Nabi
Curhat Para Pecandu xxtc :
Wallahu A’lam.

19 Comments (+add yours?)

  1. Kaskuser
    Nov 11, 2011 @ 06:40:01

    Pertamax!

    Like

    Reply

  2. aan
    Nov 30, 2011 @ 18:43:55

    dari pic nya cowok kuper…

    Like

    Reply

  3. Al-faqir
    Dec 14, 2011 @ 02:23:33

    Hm.. lebih bagus kalo hadis2 yang ditampilkan dalam tulisan ada rujukannya..

    Perihal hamba tuhan yang “kebetulan” masuk surga..

    Tuhan tidak mungkin salah menilai hambaNya.. Orang yang masuk Surga hanyalah orang2 pilihan yang telah diridhaiNya..

    Lagian surga dan neraka sifatnya abadi.. Orang yang sudah masuk didalamnya tidak mungkin dapat keluar lagi.. karena memang sudah putusan akhir Tuhan setelah menimbang berbagai kelakuan hambaNya yang dilakukan di dunia..

    Anyway, lumayan buat nambah2 pengetahuan nih..

    Like

    Reply

  4. Sayyed EP
    Dec 14, 2011 @ 02:44:00

    ya harusnya begitu mas

    sebenarnya memang harus ada referensi yg jelas.. semoga saja nanti bisa saya up date dah lengkapii lg…. masalah surga dan neraka abadi.. banyak kok hadis yg menyatakan bahwa orang di surga/neraka bisa pindah ke sebaliknya..

    seperti siapa penghuni Surga terakhir.. mereka adalah org2 yg telah disemayamkan di neraka namun akhirnya di lempar ke Surga … karena bagaimanapun AQmpunan Dan Rahmat Allah lebih dari yg kita bayangkan ..
    makasih komentar n masukan2 nya
    Sayyed EP

    ada yg agak mirip ama post diatas nih: https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/09/06/jangan-munafik-redefine/

    Like

    Reply

  5. Lia
    Jan 05, 2012 @ 12:50:27

    sip–sip muantap nich

    Like

    Reply

  6. suliaman
    Jan 10, 2012 @ 08:35:15

    kalo sekarang mah mau maulin mass orangnya,,,

    Like

    Reply

  7. momo
    Jan 11, 2012 @ 20:56:24

    ” Begitu besarnya manfaat menjaga harga diri menurut pandangan agama, sampai-sampai dalam kajian fiqih menyatakan : salah satu penyebab uzur yang menjadikan seseorang boleh meninggalkan jamaah dan jum’at ( tetap harus sholat sendiri di rumahnya) adalah tidak adanya pakaian yang ‘pantas’ untuk berjamaah di Masjid. Bagaimana jika masyarakat tahu ada seorang Kiyai terpandang melaksanakan ibadah sholat Jum’at di daerahnya dengan tanpa memakai peci ?? ”

    jadi teringat cerita preman di kampung yang tobat malu tuk sholat berjama’ah karna terlalu banyak tato menghiasi tubuhnya.

    Like

    Reply

  8. Febri Asmara
    Jan 12, 2012 @ 07:39:02

    percaya diri memang sangat dibutuhkan dalam sgala aspek khidupan…

    Like

    Reply

  9. x.sun
    Apr 29, 2012 @ 02:57:37

    kutipan terakhir
    “ya Tuhan si fulan mengatakan sendiri bahwa waktu di dunia telah melakukan …bla bla bla bla… dengan bangganya, mengapa ia masuk sorga?”

    ini sering kita jumpai di FB.. hahaha

    Like

    Reply

  10. badut
    Dec 26, 2012 @ 02:34:13

    mantab bro..

    Like

    Reply

  11. shampo noni bsy
    Jul 01, 2014 @ 07:55:58

    laki-laki pemalu di jaman edan?
    jai kesimpulannya untuk jaman sekarang itu laki-laki pemalu di katakan kuper gitu gan?
    terimakasih😉

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Jul 01, 2014 @ 12:09:36

      intinya kemunafikan telah menjadi trend bengal generasi sekarang. dengan memutarbalikkan kebaikan dan membanggakan keburukan pribadi kita.

      trima kasih kunjungannya
      sayyed. Ramadhan karim..
      ikuti coretan lainnya agar sedikit terjawab penasarannya (:

      Like

      Reply

  12. mobil datsun bandung
    Apr 10, 2015 @ 08:46:25

    haha mantapppp (y)

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون