Siapakah Sultan Hasanuddin Makassar dan Banten


sayyid livin

sayyed livin

Antara Sultan Hasanuddin Makassar Banten

Sayyed ep Bikailarobbi.wordpress

Bisingnya suasana Bandara Sukarno Hatta serta penundaan  jadwal take off  2 jam lebih sempat membuat kami merasa penat, lelah dan hampir frustasi..??!!.

Dengan sedikit kesabaran akhirnya semua bisa terobati sudah, setelah saya dan rombongan berhasil landing dengan selamat di bandara International Sultan Hasannuddin Makassar.

Tidak seperti beberapa pesawat yang pernah mengantar kami melewati benua-benua Timur Tengah, pelayanan Batavia Air memang minimalis dilihat dari sisi kenyamanan, konsumsi, sampai kecantikan para pramugarinya. hmm Kok malah banding-bandingin hehehe.

Sulawesi selatan khususnya Makassar adalah sebuah propinsi yang terbilang  maju di bandingkan propinsi-propinsi lain di wilayah timur Indonesa, semenjak menginjakkan kaki untuk kali pertama di bandara Sultan Hasanuddin, decak kagum dalam hati semakin berdebar, hmmm lumayan ekslusive  juga bandara kelas  lokal bertaraf internasional copypaste gaya bandara-bandara Negara maju di timur tengah Abu Dabi, Dubai, Cairo dan negara tetangga Singapore yang dilengkapi dengan duty free serta berbagai macam pajangan kerajinan seni budaya Makassar.

Sempat bertanya-tanya mengapa bandara besar tersebut dinamakan dengan Sultan Hasanuddin? bukankah selama ini Sultan Hasannuddin yang saya kenal adalah salah satu raja Banten yang ketrurunanya sampai sekarang masih berserakan di sekitar Jawa barat dengan julukan Tubagus itu.

Dari beberapa informasi yang sempet saya himpun, ternyata Sultan Hasanuddin versi Makassar adalah raja Gowa ke 16, dengan nama asli I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangepe putera kedua dari Sultan Malikussaid, Raja Gowa ke-15, lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 12 Januari 1631 – meninggal di Makassar, Sulawesi Selatan, 12 Juni 1670 pada umur 39 tahun) .Karena keberaniannya, ia dijuluki De Haantjes van Het Oosten oleh Belanda yang artinya Ayam Jantan/Jago dari Benua Timur. sama seperti Hasanuddin Banten sampai sekarang keturunannya pun terkenal dengan gelar khusus ” Karaeang”.

Sementara Sultan Hasanuddin versi Banten adalah Fatahillah maulana Hasanuddin ( Sultan pertama Banten) memiliki julukan Panembahan SUROSOAN yang lahir 1552 dan wafat pada tahun 1570. Beliau adalah putra ke empat dari Sunan Gunung Djati Cirebon.

Dlihat dari silsilah dan tahun kelahirannya sudah berbeda tapi mengapa teman saya yang aseli Makassar mengklaim bahwa Sultan Hasanuddin Banten dan makassar adalah satu Orang? toh keduanya memiliki makam masing-masing, makam Sultan Hasanuddin berada di bukit Tamalate, Kecamatan Somba Opu, Gowa. sementara Makam Hasanuddin Banten berada di sekitar Masjid agung kerajaan Banten sana.

Pertalian antara Makassar dan Banten yang saya tahu hanya  terjadi ketika seorang ulama terkenal bernama Syekh Yusuf Abul Mahasin Al-Taj Al-Khalwati Al-Makassari Al-Banteni, seorang ulama besar yang lahir di Goa 3 Juli 1626. Syekh Yusuf hikrah ke Banten dalam rangka ekspansi dakwahnya serta adanya  tekanan dari kolonial Belanda. Saat itu  itu Kesultanan Gowa dalam  masa kritis karena mengalami kalah perang terhadap Belanda, Syekh Yusuf pindah ke Banten dan diangkat menjadi penasehat kerajaan hingga menjadi mufti. Hingga pada satu saat  beliau hijrah ke negri Africa untuk memperdalam ilmu Tasawwuf .

Masih bingung siapakah Sultan Hasanuddin yang Sebenarnya?

I .   d……e……m

NB: ternyata foto pahlawan yang ada di dalam 1000/10000 rupiah dulu

adalah Sultan Hasanuddin versi Makassar dan bukan Fatahillah dari Cirebon/BAnten.

Koleksi tulisan Sayyed :

Jilbab Hanya Sebagai Kedok, Why NOT?

Perempuan Penggoda dan Tergoda

inilah 9 Rahasia Tuhan!

Belenggu Jurnalisme Gossip

Ibadah untuK meraih Simpati Tuhan?

Wali Setan Dan Klaim Wahabi

Alqur’an Mainan?!

Rahasia Mukjizat Muhammad

10 Comments (+add yours?)

  1. Anonymous
    Aug 11, 2013 @ 17:28:47

    yg jls maulana hasanudin bantenmah bukannya fatahilah

    Like

    Reply

  2. marjay
    Sep 27, 2013 @ 12:16:11

    yg jelas keturunan cirebon

    Like

    Reply

  3. pahruddin
    Nov 19, 2013 @ 09:34:53

    Sultan hasanuddin versi makassar adalah raja terkuat dan paling pemberani di wilayah timur indonesia pada masanya.

    Like

    Reply

  4. tegar daeng andi prani said andi pelay karaeng bataktongka
    Dec 29, 2013 @ 13:16:23

    Jadi Orang itu jangan bodoh

    Like

    Reply

  5. Andryzaputrha Zanwar.
    Feb 06, 2014 @ 01:57:11

    ,

    Like

    Reply

  6. agus
    Feb 06, 2014 @ 21:09:53

    Assalamualaikum.wr.wb. sultan maulana hasanuddin adalah sosok yg harus di teladani..bukan untuk di perdebatkan…bersihkanlah hatimu dgn mengagungkan tuhanmu…salam.ags

    Like

    Reply

  7. dhidi minturo..bi aqdamikum
    Aug 05, 2014 @ 04:50:48

    iTU AJA REPOT…!! Gan yg penting kita perbnyak tawasul agar kita dapat brkahnya..

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,809 other followers