Kebiasaan ‘Mencuri’ hak Orang Lain!


hacking

hacking

Menurut beberapa pakar agama, rizki manusia terbagi menjadi dua, ada rizki yang halal dan ada pula rizki yang haram.

Pembagian rizki melalui versi di atas mengingatkan penulis pada kata-kata yang lumrah diucapkan para pengais rizki: hari gini nyari yang haram saja susah apalagi yang halal. Inilah dalih sebagian manusia yang terlanjur putus asa dengan sulitnya kehidupan dunia sehingga mengisnpirasi ide ide brilian mendapatkan uang dengan cara se instan mungkin apapun jalannya.

Mencuri,  jambret , korupsi, begal, apapun namanya adalah salah satu cara mudah memperkaya diri melawan kemiskinan materi. Rizki yang ilegal pasti tidak berkah/memiliki efek positif jangka panjang.  sebab semua asupan  makanan yang dihasilkan dari rizki yang ilegal akan menimbulkan kecenderungan sifat yang bertentangan dengan jalan lurusNya. disamping itu, kebiasaan mencuri (dan menipu) jika sudah terlanjur menjadi kebiasaan, maka ia akan menjadi sebuah syndrom yang sangat sulit  dihilangkan dari pribadi seseorang. karena itu derajat kemuliaan manusia setelah nabi adalah mereka yang mampu menghandle sifat “SIDDIQIYAH KUBRO” dengan baik, kemudian para suhada dan terakhir adalah derajatnya orang-orang soleh yang biasa.

Jika kita perhatikan isi bait-bait syair  yang terkenal terkait  kemiskinan sepiritual dan solusinya, maka lima perkara yang terkandung dalam dendang obat hati  itu tidak akan efektif  merubah kecenderungan  jiwa yang gelap  jika memang  makanan yang kita konsumsi dihasilkan dengan  cara yang ilegal. Walhasil inti dari obat hati dan diterimanya segala amal baik diantaranya ditentukan oleh halal tidaknya makanan kita.

Kembali ke persoalan awal. bahwa rizki yang haram/ilegal memang termasuk salah satu rizki yang dikasih oleh Tuhan kepada kita untuk diambil manfaatnya, pun begitu manusia dibebaskan untuk memilih mana yang baik dan mana yang buruk. karena setiap orang yang beriman dan memiliki akal sehat pasti mengerti konsekwensi dari setiap perbuatannya.

Lebih baik rizki banyak disertai  rasa syukur daripada sedikit tapi tidak bersabar dan sering mengeluh. Sebaliknya jika rizki anda pas-pasan dan bersabar atas itu maka anda termasuk orang yang langka dan patut menjadi teladan layaknya para Nabi dan kekasih-kekasihnya.

*Cikampek. di atas bus malam. dari gelegat Seseorang yang hampir merebut HP saat penulis pura-pura teridur.

Maafkan saya mas. Lord still saves Marshall

Jilbab Hanya Sebagai Kedok, Why NOT?

Perempuan Penggoda dan Tergoda

inilah 9 Rahasia Tuhan!

Belenggu Jurnalisme Gossip

Ibadah untuK meraih Simpati Tuhan?

Wali Setan Dan Klaim Wahabi

Alqur’an Mainan?!

Rahasia Mukjizat Muhammad

8 Comments (+add yours?)

  1. Darojat
    May 12, 2012 @ 19:18:07

    Terkadang kita marah ketika hak kita diambil orang akan tetapi terkadang kita juga sering disadari atau tidah mengambil hak orang lain

    Like

    Reply

  2. kulitajaboleh
    Jun 26, 2012 @ 06:18:26

    ga ada hak kita,yang ada hak tuhan…nafas ini aja, milik dia…

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Jun 26, 2012 @ 11:26:35

      klo pakai pendekatgan hakikat mah semua juga sama mas bro..
      so apagunanya agama , alqur’an dan hadis yang jelas2 membagi haq adami dan haq Allah?

      trima kasih
      Sayyed EP

      Like

      Reply

      • Sheriff Sharif
        Jul 27, 2013 @ 14:14:34

        Ana setuju dgn jawaban ente…

        Subhanallah! Mantap! whahahaa… hamba-hamba Allah yg mulia memang pantas mendapat julukan Marshall! :) btw, ana suka tulisan ente yaa sohib…

        Terima kasih,
        Sheriff Sharif

        Like

        Reply

  3. Ahmed
    Jul 29, 2012 @ 02:39:17

    Gimana yah mas? Kebiasaan mencuri di bidang komputer sekarang sudah dianggap lumrah.

    Seseorang dengan kemampuan teknis luar biasa ingin menguji kehebatannya dalam meretas suatu sistem kemudian mencuri perangkat lunak yg dimiliki situs yg ia retas. Jika ia berhasil, maka ada rasa puas di hati karena berhasil naik level. Di samping itu, si pemilik situs merasa senang karena bisa belajar lebih banyak mengenai keamanan agar lain kali perangkat lunaknya tidak dicuri lagi….

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Sep 06, 2012 @ 04:40:51

      mengetahui sistem keamanan yang rapuh kalo memang hanya mencoba ilmu dan tidak sengaja merusak atau bahkan menyebarkan rahasia dan privasi mereka apakah menurut anda tidak boleh?

      bukankah yang tidak boleh adalah sengaja meretas untuk merugikan / mengancam situs2 itu. kalo tujuannya membantu dan memberitahu cela itu apakah bukan satu kebaikan.
      entahlah
      salam Sayyed

      Like

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,808 other followers